Friday, November 6, 2020

MANFAAT SAYURAN BAGI KESEHATAN

 


 

Sayuran hijau memiliki kandungan serat yang tinggi, serta kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, tidak heran jika sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering dianjurkan dokter, karena memang ada banyak sekali manfaat sayuran hijau untuk kesehatan.

Sayuran hijau merupakan kelompok makanan yang kaya nutrisi, tidak sulit dicari, relatif murah, pengolahannya mudah, dan dapat divariasikan menjadi beragam menu masakan. Hal-hal ini merupakan alasan yang kuat untuk memasukkan sayuran hijau ke dalam pola makan Anda sehari-hari.


 

Ragam Manfaat Konsumsi Sayuran

Manfaat sayuran bagi kesehatan tidak terlepas dari kandungan vitamin, mineral, serat, dan beragam nutrisi lain di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayuran hijau yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin:

1. Menjaga kesehatan mata

Mengonsumsi sayuran hijau, seperti kale dan  bayam, diyakini mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu, lutein dan zeaxanthin yang ada di dalam sayuran hijau mampu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula akibat pertambahan usia dan katarak.

2. Mencegah rheumatoid arthritis

Mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kale, bok choy, mampu menurunkan risiko munculnya penyakit rheumatoid arthritis. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalamnya, seperti vitamin A, C, dan K, yang mampu menangkal radikal bebas penyebab peradangan dalam tubuh, termasuk radang sendi.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Sayuran hijau mengandung serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin, proses buang air besar Anda akan lebih lancar. Selain itu, kesehatan saluran pencernaan Anda juga akan terjaga.

4. Mencegah penyakit jantung

Sayuran hijau kaya akan fitokimia, seperti flavonoid dan karotenoid, serta vitamin K dan vitamin C yang dipercaya baik untuk kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mengonsumsi sayuran hijau secara rutin.

Meski ada banyak manfaat sayuran hijau bagi kesehatan tubuh, namun Anda tetap harus berhati-hati saat mengonsumsinya. Perhatikan kebersihan dan kesegaran sayuran hijau yang akan Anda makan atau olah. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus dan memerlukan panduan makan, termasuk pemilihan jenis sayur, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

5. Mencegah dan Mengurangi Stress Berlebih
Dengan kandungan nutrisinya, Sayuran dapat menstimulasi berbagai jenis hormon dan kelenjar di dalam tubuh kita sehingga merangsang mood anda untuk selalu merasa senang dan bahagia.Sayuran dan buah-buahan yang dapat mencegah stres antara lain; ubi, sayurah hijau, tomat, cer, labu, jamur, paprika, buncis, kacang merah, bit, pisang dll. 

6. Memperlancar Buang Air Besar
Buang air besar atau BAB adalah proses pembuangan sisa-sisa makanan yang telah diserap tubuh, namun adakalanya proses ini terhambat karena faktor gaya hidup dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah seperti ini sayuran dan buah-buahan berguna untuk memberikan asupan serat pada organ pencernaan kita.Sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi antara lain; bayam, kubis, wortel, pepaya, kacang-kacangan dll. 

7. Mencegah Penyakit Jantung & Kanker
Penyakit serangan jantung dan kanker bisa dikatakan sebagai dua penyakit mematikan di dunia, selain disebabkan pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini dapat disebabkan juga oleh beban kerja yang terlalu berat.Sebelum terserang penyakit  ini tidak ada salahnya kita melakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi sayuran untuk meminimalisir penyakit ini menyerang kesehatan kita.Sayuran terbaik untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker adalah lobak, labu dan jamur, bisa juga paprika merah dan bayam yang berguna untuk melemahkan benih kanker dalam tubuh seseorang

8. Mempertahankan Berat Badan Seimbang

Jika ingin menyingkirkan masalah berat badan atau kamu sedang menjalani program diet, sangat dianjurkan  mengkonsumsi banyak sayuran selain buah-buahan. Karena sayuran dan buah-buahan kaya sumber serat yang bebas lemak dan rendah kalori, sehingga dapat membantu mengatasi masalah obesitas.  

9. Sumber Energi Tubuh 

Menyantap sayuran adalah cara terbaik untuk mendapatkan energi dan membuat tubuh sehat dan langsing, sayuran tidak membuat orang gemuk, melainkan membuat orang lebih energik dan aktif dalam kegiatan keseharian, sayuran juga membuat tubuh kita lebih ringan daripada kita mengkonsumsi daging. Sayuran dan buah-buahan dengan kandungan energi tinggi antara lain; kentang, beras merah, kacang-kacangan dan pisang

10.  Membersihkan Racun Dalam Tubuh (Detoksifikasi) 

Mengkonsumsi sayuran adalah cara terbaik untuk menghilangkan efek polusi di dalam tubuh kita yang memang secara alami menetralisir racun dalam organ dalam melalui proses yang dinamakan detoksifikasi.Nah, untuk membuat proses ini bisa berjalan sempurna, selain dengan tidur yang sempurna 7-8 jam sehari dan banyak minum air putih juga dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.Namun sayuran juga harus dilindungi dari pencemaran itu sendiri untuk memberikan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita, contohnya mencuci sayuran sebelum di konsumsi untuk menghindari zat-zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di bagian luar sayuran dan buah-buahan.Sayuran, buah-buahan dan jenis makanan lain terbaik untuk detoksifikasi adalah; selada air, kubis, bawang putih, brokoli, jahe, rumput laut, kunyit, serai, lemon, rumput laut dan jeruk bali.

 

 

 

No comments:

Post a Comment

        Hallo guys, disini saya mau merekomendasikan produk facial wash untuk kalian terutama untuk yang kulitnya berminyak dan berjerawat...