Friday, November 6, 2020

MANFAAT AIR PUTIH BAGI KESEHATAN


Air merupakan komponen yang mempengaruhi 60% dari berat tubuh. setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berjalan sesuai fungsi. Air memiliki beberapa fungsi dalam tubuh seperti, mengatur suhu tubuh, menjaga kelembapan pada mulut, mata, dan hidung, menjaga organ tubuh dan jaringan, membantu mencegah terjadinya konstipasi, membantu melarutkan mineral dan nutrisi, menjadi pelumas sendi, mengeluarkan sisa produk metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh.

Apakah manfaat mengkonsumsi air putih?
Air merupakan komponen yang mempengaruhi 60% dari berat tubuh. setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berjalan sesuai fungsi. Berikut beberapa fungsi air pada tubuh :

  • Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan (sembelit) dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit dengan cara mengecilkan pori, melembapkan, dan menambah kekencangan kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran. Banyak minum air putih juga bisa dijadikan obat kencing darah akibat infeksi saluran kemih ringan atau batu saluran kemih yang berukuran kecil.

 

Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi yang merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup air dalam tubuh. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kekurangan energi dan membuat tubuh kelelahan.

Kita selalu dianjurkan untuk minum air putih yang cukup sehari-hari agar berbagai sistem di dalam tubuh kita ini berjalan dengan lancar. Banyak penyakit yang bisa timbul akibat kurangnya meminum air putih . Tapi untuk kamu yang peduli akan kecantikan, air putih juga bisa sangat membantu . 


 

 8 manfaat yang akan terjadi pada kecantikan jika kamu suka minum air putih
  1. Membuat kulit bercahaya, Minum air putih dapat membantu tubuh kamu mengeluarkan semua racun lebih efisien dan membiarkan kulit kamu terlihat fresh dan lebih glowing nih.
  2. Menjaga kelembaban kulit,
    air putih bisa membantu melembabkan kulitmu secara alami.Hal ini karena air bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit kamu.
  3. Menghambat penuaan dini,
    air putih mampu menjaga elastisitas dan kelenturan secara alami pada kulit.
    Air dapat menjaga kulit terhidrasi dan berkilau sehingga dapat meningkatkan warna kulit. Untuk kulit yang halus dan elastis, minum air dengan jumlah yang memadai lebih penting daripada memakai krim topikal.
  4. Memulihkan kulit dari sunburn, Kalau kamu sering berjemur atau beraktivitas di luar ruangan, kamu pasti pernah mengalami sunburn atau kulit yang terbakar. Ternyata air putih juga bisa membantu proses pemulihan kulit yang terkena sunburn. Jangan lupa minum air putih yang banyak ya
  5. Membantu mengurangi jerawat,Kamu bisa memeras buah lemon dan meminumnya dengan air hangat di pagi hari. Kalau kamu lakukan ini dengan rutin, pasti hasilnya akan sangat memuaskan.
  6. Mengurangi rambut rontok,
    Kebanyakan cewek juga memiliki masalah yang sama yaitu rambut yang sering rontok. Selain karena banyak faktor penyebab, kurangnya minum air putih juga merupakan suatu hal yang haram jika kamu tidak ingin mengalami rambut rontok
  7. Membuat kuku lebih kuat,
    Kuku yang sering patah atau sering rusak berarti dengan kurangnya kamu meminum air putih setiap harinya. Hal itu juga bermakna bahwa kamu sedang dehidrasi. So, dengan meminum air putih setiap hari, kuku kamu bisa tumbuh dengan sehat
  8. Membantu menjaga berat badan, Air putih akan membuatmu cenderung merasa kenyang dan secara otomatis mengurangi porsi makan. Cobalah untuk meminum 2 gelas air putih di pagi hari makan porsi makan siangmu akan lebih sedikit daripada biasanya. Hal ini akan membantumu dalam mengkontrol berat badan. 
  9. Air penting untuk menjaga kelembapan kulit secara optimal dan memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit. Air melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Hal tersebut membantu penundaan munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus.
  10. Minum cukup air dapat memerangi gangguan kulit seperti psoriasis, keriput, dan eksim. Air juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan membuang racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan membuat Anda memiliki kulit yang sehat dan bersinar.

Berapa air putih yang dibutuhkan oleh tubuh?
Setiap hari tubuh akan kehilangan cairan melalui nafas, keringat, urin, dan usus. Agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka tubuh memerlukan asupan cairan melalui konsumsi minuman dan makanan yang mengandung air. Cairan yang dibutuhkan oleh laki-laki adalah sekitar 3 liter sehari dan cairan yang dibutuhkan oleh wanita adalah 2,2 liter sehari.

Terlalu banyak minum air putih juga bisa berbahaya Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk dalam hal minum air putih. Jika kamu terlalu banyak minum air putih, maka dapat timbul kondisi yang disebut sebagai water intoxication atau keracunan air putih. Minum air putih terlalu berlebihan, bisa meningkatkan jumlah cairan di tubuh. Air tersebut dapat melarutkan elektrolit yang ada di tubuh, termasuk sodium. Jika kadar sodium di tubuh terlalu rendah, maka bisa timbul kondisi yang disebut hiponatremia. Sodium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel. Jika kadar sodium sudah terlalu rendah, maka cairan yang ada di luar sel dapat masuk, sehingga sel-sel tersebut semakin membengkak. Jika sel yang membengkak adalah sel otak, maka dapat timbul dampak yang berbahaya untuk kesehatan. Pada kondisi yang parah, keracunan air putih bahkan dapat menyebabkan kematian. Mengambil manfaat air putih untuk kesehatan tentulah baik. Namun, jangan sampai maksud untuk meningkatkan kesehatan menjadi terbalik, dan membuat sakit. Imbangi juga konsumsi air putih dengan makan makanan bergizi dan sehat, serta olahraga secara teratur

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Lewatkan 13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/15/154929320/jangan-lewatkan-13-manfaat-air-putih-untuk-kesehatan?page=all.

Editor : Wisnubrata

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

 

Beberapa faktor ini juga dapat memengaruhi kebutuhan cairan, seperti: • Olahraga Saat sedang berolahraga, kita perlu lebih banyak cairan karena keluarnya keringat membuat tubuh kehilangan cairan. Kita perlu minum sebelum, saat, dan setelah latihan. • Cuaca dan lingkungan Cuaca yang panas dan lembap dapat memicu keringat, sehingga kita perlu asupan cairan tambahan. Selain itu, dehidrasi juga dapat terjadi jika kita berada di dataran tinggi. • Kondisi kesehatan Saat demam atau diare, tubuh kehilangan banyak cairan. Sehingga, dokter umumnya akan menyarankan untuk banyak minum air putih saat mengalami kedua kondisi tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Lewatkan 13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/15/154929320/jangan-lewatkan-13-manfaat-air-putih-untuk-kesehatan?page=all.

Editor : Wisnubrata

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Dehidrasi adalah akibat kurang minum air putih yang paling jelas. Meski demikian, dehidrasi ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah baik jangka pendek maupun jangka panjang. Apa saja?

1. Diabetes
Orang yang merasa dehidrasi akan merasa ingin sekali mengonsumsi makanan manis. Hal ini terjadi karena liver mengalami masalah dalam memecah glikogen menjadi glukosa untuk aliran darah. Lagi-lagi, terganggunya sistem ini terjadi karena kurang cairan. Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin konsumsi gula menjadi berlebihan. Konsekuensinya, penyakit diabetes pun mengintai.

2. Sakit kepala
Merasakan nyeri di kepala juga bisa menjadi akibat kurang minum air putih. Rasa nyeri ini bisa dari ringan hingga benar-benar mengganggu. Sakit kepala ini terjadi karena otak mengalami penyusutan sementara karena kurangnya asupan cairan. Ketika asupan cairan tercukupi, maka otak akan kembali ke bentuknya semula dan sakit kepala pun hilang.

3. Rasa kantuk berlebihan
Wajar jika seseorang merasa mengantuk karena kurang tidur atau belum mendapat asupan kafein yang setiap hari menemaninya. Namun berbeda halnya dengan orang yang mengalami dehidrasi akibat kurang minum air putih. Dalam penelitian di Inggris pada tahun 2015 lalu, satu dari setiap lima pasien yang kekurangan cairan akan merasa sangat mengantuk. Namun rasa kantuk ini tidak sesederhana bisa hilang dengan tidur sejenak. Tubuh akan terasa lelah dan kurang bertenaga.

4. Bau mulut
Membiarkan mulut kering karena kekurangan cairan adalah undangan bagi masuknya bakteri. Itulah mengapa salah satu akibat kurang minum air putih adalah halitosis atau bau mulut. Faktanya, minum air putih dapat memecah saliva dan menghilangkan bau mulut akibat bakteri.

5. Konstipasi
Tak hanya kurang serat, konstipasi juga merupakan akibat kurang minum air putih. Tanpa adanya cukup cairan dalam sistem cerna, usus besar akan menyerap air dari feses. Akibatnya, feses menjadi lebih padat dan sulit keluar.

6. Kulit kering
Pelembap termahal sekalipun belum tentu bisa mengatasi masalah kulit kering apabila pemicunya adalah akibat kurang minum air putih. Berbeda dengan kondisi kulit orang dengan tipe kulit kering, mereka yang mengalami kulit kering akibat kurang cairan akan cenderung merasakan gatal dan rentan iritasi.

7. Sulit berkonsentrasi
Sering lupa apa yang akan dilakukan atau kurang sinkron antara apa yang diucapkan dan dipikirkan? Bisa jadi tanda-tanda konsentrasi berkurang akibat kurang minum air putih. Menurut penelitian yang digelar tahun 2012 dengan melibatkan responden perempuan muda, mereka yang mengalami dehidrasi ringan lebih sulit berkonsentrasi bahkan pada tugas-tugas sederhana. Tak hanya itu, mereka juga kesulitan menjaga rentang fokus untuk jangka waktu singkat sekalipun.

Dehidrasi ringan dalam jangka pendek bisa menyebabkan seseorang mengalami mual, sakit kepala, dan beberapa gejala lain di atas. Namun dehidrasi kronis pada jangka panjang bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, munculnya batu ginjal, hipertensi, infeksi saluran kemih, hingga demensia.

      

           

 

 

No comments:

Post a Comment

        Hallo guys, disini saya mau merekomendasikan produk facial wash untuk kalian terutama untuk yang kulitnya berminyak dan berjerawat...